Cara Menghilangkan Tanda Centang Biru pada Pesan WhatsApp

Belum lama ini, WhatsApp memperkenalkan dua tanda centang biru di samping pesan yang Anda kirim. Berbeda dengan dua tanda centang abu-abu yang berarti pesan telah dikirim ke penerima, dua tanda centang biru menandakan bahwa pesan tersebut sudah dibaca oleh penerima.

Sebagian pengguna WhatsApp menyambut baik kehadiran centang biru yang dianggap bisa memberikan info atas status keterbacaan pesan mereka. Meski demikian, karena alasan privasi, sebagian pengguna WhatsApp yang lain ternyata kurang bisa menerima kehadiran si centang biru.

Mengetahui hal itu, WhatsApp memutuskan untuk menjadikan dua centang biru sebagai fitur yang opsional, jadi pengguna bisa mematikan fitur tersebut bila tak diinginkan. Saat ini, pilihan untuk mematikan dua centang biru baru tersedia pada WhatsApp untuk Android versi 2.11.44.

Lalu bagaimana cara mematikan atau menghilangkan tanda centang biru pada pesan WhatsApp? Pertama, unduh dan install WhatsApp versi 2.11.44 (atau yang lebih baru) melalui link yang tersedia di akhir artikel. Kedua, jalankan WhatsApp dan tuju Setting > Account > Privacy. Ketiga, hilangkan centang pada Read receipts, selesai.

WhatsApp Read receipts

Nah, sekarang WhatsApp tak lagi memberitahu teman Anda bahwa pesannya telah Anda baca, dengan kata lain, teman Anda tak lagi mendapatkan dua tanda centang biru di pesan yang dikirimkannya meskipun pesan tersebut telah Anda baca. Sebagai efek samping, Anda juga tak akan mendapatkan tanda centang biru lagi pada pesan yang Anda kirim meskipun pesan tersebut sudah dibaca oleh teman Anda, cukup adil bukan? :D

Bagaimana dengan grup? Untuk grup, tanda centang biru tetap muncul meski Read receipt dimatikan, sehingga semua anggota grup tetap bisa mengetahui bahwa pesannya telah dibaca.

Post a Comment for "Cara Menghilangkan Tanda Centang Biru pada Pesan WhatsApp"